Blusukan Sambil Bersepeda Di Old Delhi

Posted on

Karena sudah terlalu sering berkunjung ke kota Delhi sepertinya hampir semua tempat wisata di kota ini sudah dilihat. Bingung juga mau ngapain dan kemana lagi ketika punya waktu 2 hari di Delhi. Maka ketika ada teman yang menawarkan acara bersepeda langsung deh di terima tanpa pikir panjang lagi. Apalagi di kasih gratis… hahaha. Masa sih di tolak. Padahal ketika dikasih tahu jadwalnya harus kumpul di meeting point jam 6 pagi dan lokasinya agak jauh dari hotel kalau jalan kaki, wah bingung bagaimana caranya mau ke sana? Pagi-pagi jalan kaki sendirian, cewe pula… kayanya ngga deh, demi keamanan dan keselamatan diri. Kalau naik metro juga bisa tapi tetep harus jalan kaki lagi lumayan jauh. Sama aja bo’ong… Eh, malam sebelumnya si pemilik sepeda kirim pesan kalau saya akan di jemput di hotel oleh asistennya. Yeay…asyiiik! 

Pagi-pagi jam 5.35 saya sudah siap menunggu di lobi hotel. Jam 5.50 asistennya datang menjemput dan berangkat menuju ke TKP dengan tuktuk. Tuh kan… bener jauh kalau jalan kaki 🙂 Sampai disana langsung bertemu dengan pemiliknya dan karena saya yang pertama datang langsung dibawa ke gedung parkiran mobil tempat dimana sepeda-sepedanya di simpan. Sebelum dipakai sepeda-sepedanya dibersihin dulu dan saya juga ikut bantuin bawain ke depan gedung dan dijejerin di jalan trotoar… yowes ngga apa-apa namanya juga di kasih gratis ya musti tau dirilah yaaa… hehehe. Sepedanya terlihat keren karena di cat warna kuning terang seperti stabilo. Dan ada keranjang di depan untuk taruh barang.

Selesai semua sepeda parkir di trotoar, tidak lama kemudian datanglah peserta 6 orang naik mobil van turis. Mereka warga negara Perancis, terdiri dari suami istri dengan 2 anak laki-lakinya yang masing-masing membawa pacarnya 🙂 semua peserta diminta untuk mengisi form bio data singkat. 

Sekitar jam 7.30 kami mulai jalan. Sebelumnya semua peserta diberikan briefing singkat dari guidenya. Bagaimana menyeberang dengan sepeda, pada saat belok kiri atau kanan, bersepeda di gang sempit, dll yang semuanya demi keselamatan para peserta. Sengaja acara bike tour ini dilakukan pagi hari dimana jalan-jalan masih sepi dan toko-toko masih belum buka. Karena kota tua Delhi adalah tempat yang paling sibuk dimana sebenarnya roda perekonomian kota Delhi berpusat dari tempat. Bisa dibayangkan bagaimana sibuk dan macetnya jalan-jalan di sekitar Old Delhi. 

Tempat-tempat yang kami lewati ini bukanlah tempat yang nyaman dan bersih. Bau pesing dimana-mana, sampah berserakan dan sebagian sedang disapu, anjing-anjing tak bertuan berkeliaran… uufffttt. Sekali-kali kami berhenti dan kami dibawa naik ke gedung lantai atas untuk melihat pemandangan kota Delhi dari atas. Gedungnya bener-bener kumuh tidak terawat. Tangganya kecil dan sempit. Lorongnya gelap. Kabel listrik amburadul, sangat berbahaya. Harus hati-hati berjalan kalau tidak mau tersandung kaki atau kepalanya… hahaha. Sampai di lantai atas yang paling banyak terlihat adalah para laki-laki yang baru bangun tidur dan bersiap mandi. Ada yang gosok gigi sambil jalan-jalan. Gosok giginya lama amat ya… kayanya buat mereka lebih penting gosok gigi dari pada mandinya 🙂 Ada juga yang lagi masak untuk bikin sarapan. 

Dua kali berhenti untuk istirahat. Yang pertama disuguhi chai tea dan roti kering. Dan yang kedua sarapan di restoran Karim yang tersohor itu. Sebelumnya saya sudah pernah makan di tempat ini. Walaupun akses ke tempat ini sempit dan kumuh tapi yang makan disitu juga banyak turis asing. Memang enak makanannya. Recommended! Tempatnya dekat Jama Masjid, di daerah Chandni Chowk. 

Buat kalian yang pengen tau kota Delhi yang sebenarnya… inilah dia. Coba deh ikut bike tour ini. Kalian bisa melihat langsung kota Delhi yang asli, orang-orangnya, kegiatan dan kesibukan penduduk lokal, gedung-gedungnya seperti apa… hehehe. Untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Tapi tetap harus selalu respek dan santun ya. Dan ikut menjaga kebersihan di sana… walaupun disana masih kurang kesadaran untuk membuang sampah di tempat sampah kalian jangan ikut-ikutan jorok. Okay! 

Yang berminat ikut bike tour di Delhi bisa hubungi saya.

Happy travel!

Bersiap untuk memulai bike tour
Tuuh… sepedanya yang kuning berjejer
Pemandangan dari atas gedung. Jauh di ujung jalan yang warna merah adalah Red Fort. Yang sebelah kanan jalan ada Hindu Temple
Di atas gedung, lagi masak buat sarapan
Gedung-gedung di sekitarnya sama kumuhnya 🙈
Makan pagi bareng di restoran Karim’s
Selesai sarapan, bersiap untuk kembali ke meeting point. Program selesai ☺✌
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s