Serunya Trekking ke Goa Tetes & Air Terjun Tumpak Sewu

Posted on

Bagi yang senang berpetualang dan trekking di alam terbuka, boleh di coba kegiatan yang satu ini.

Sebenarnya trip ini adalah bagian dari trip saya ke Puncak B29 bulan Mei 2016 yang lalu. Setelah puas bermalam di B29 dan fot0-foto sunrise, saya melanjutkan petualangan saya menuju Goa Tetes dan air terjun Tumpak Sewu. Perjalanan dari Lumajang dengan kendaraan mobil memakan waktu lebih kurang 1,5 jam. Dalam bayangan saya perjalanan menuju Goa Tetes adalah jalan santai dengan menyusuri pinggiran sungai dan pohon-pohon hijau nan rindang. Tetapi ternyata tidaklah demikian. Ketika tiba di tempat loket pembelian tiket masuk, jalan yang dilalui menurun cukup bagus dengan penataan pavling blok yang masih bolong-bolong… hahaha. Ngga ngerti deh kenapa pengerjaannya bisa setengah-setengah begitu, padahal ini tujuannya adalah memberikan kenyamanan bagi para pelancong untuk dapat menikmati alam Indonesia… hhgghhh…

Ketika trotoar dengan pavling blok yang tidak merata tersebut berakhir, maka dimulailah trekking yang penuh perjuangan ini. Untuk mencapai Goa Tetes yang berada di atas sana… harus menceburkan kaki ke dalam aliran sungai yang dingin dan mulai merangkak naik diatas batu-batu yang juga dialiri air. Dimana-mana terdapat air yang tumpah ruah (air terjun) dari sela-sela batu, baik yang kecil, yang besar, yang debitnya lumayan deras atau yang halus. Dan tidak ada jalan lain kecuali melintasi air-air tersebut di atas bebatuan. Benar-benar di luar dugaan. Akhirnya sampai juga di Goa Tetes. Goanya tidaklah terlalu besar. Di dalamnya memang ada stalaktit dan stalakmit. Agak sulit untuk mengambil foto di dalam goa tersebut. Tidak berlama-lama di Goa Tetes… dan kami (berempat) keluar dari goa tersebut. Perjalanan dilanjutkan menuju air terjun Tumpak Sewu.

Tidak kalah serunya, kami harus beberapa kali menyeberangi sungai dan masih harus merangkak dan merayap diantara batu-batu. Badan sekujur tubuh sudah basah…. basah karena keringat dan karena air sudah menjadi satu. Napas mulai tersengal-sengal. Berhenti sebentar untuk mengaso di kolam Bidadari… hehehe. Sama sekali tidak membawa bekal berupa cemilan, hanya sebotol air mineral. Tidak berlama-lama di kolam Bidadari, hanya 10 menit dan berfoto ria sebentar, dan perjalanan pun dilanjutkan. Selama 2 jam lebih kami trekking untuk mencapai air terjun Tumpak Sewu. Dan ketika tiba di air terjun tersebut… whoaaaaa… rasanya lega dan takjub dengan pemandangan luar biasa ini. Kami berada persis dibawah ribuan air terjun yang tingginya lebih dari 70 meter.

Kami juga tidak berlama-lama dibawah air terjun ini, yang penting sudah berfoto-foto narsis dan menjadi dokumentasi untuk saya pribadi. Dan hari sudah mulai sore dan agak sedikit mendung, maka sebaiknya harus segera kembali ke atas. Untuk kembali ke atas kami mengambil jalan berbeda. Menurut guide kami jalan ini lebih cepat dan tidak terlalu banyak batu-batu yang harus dilalui seperti waktu kami datang tadi. Yah… memang tidak banyak batu, tapi kami harus melalui tangga-tangga yang terbuat dari bambu… hahaha. Sekali-sekali tangga tersebut ada tali yang terbuat dari potongan ban bekas untuk pegangan… persis seperti orang yang sedang olahraga naik tebing. Jalan menuju ke atas boleh dibilang lumayan curam dengan kemiringan setidaknya 60 derajat, kadang malah hampir 90 derajat… ampuuun! Benar-benar menguras tenaga kami semua… rasanya sudah ngga kuat untuk naik ke atas apalagi usia sudah tidak bisa dibilang muda lagi. Dan akhirnya tangga terakhirpun terlewati… ternyata saya masih kuat untuk melakukan trekking seperti ini. Puji Tuhan!

Untuk trekking ke Goa Tetes dan Tumpak Sewu, disarankan menggunakan sepatu trekking atau sepatu olahraga, celana pendek dan trekking pole (tongkat) bila punya, membawa air minum.

Catatan: Jagalah kebersihan dan pelihara lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bawalah kembali sampah anda dan buang di tempat sampah. Karena masih banyak sampah berceceran dimana-mana selama trekking di sana. Bersahabatlah dengan alam. Terima kasih.

Bila anda berminat untuk trekking ke Goa Tetes dan Air Terjun Tumpak Sewu (Coban Sewu), silahkan menghubungi saya di +62 81220220708 (WA).

Trip berikutnya adalah:

  1. Ijen & Bromo tgl. 24-26 Juni 2016
  2. Pulau Derawan tgl. 28-31 Juli 2016
  3. Flores – Trekking & Snorkling tgl. 4-7 Agustus
  4. Sumba tgl. 13-17 Agustus
  5. Ternate & Morotai tgl. 18-21 Agustus
  6. Trekking Rinjani tgl. 25-28 Agustus
  7. Flores, Kelimutu, Komodo tgl. 12-16 September
Merangkak Demi Goa Tetes..tes..tes...
Merangkak Demi Goa Tetes..tes..tes…
Bersiap untuk memulai trekking.. Lets go!!
Bersiap untuk memulai trekking.. Lets go!!
Menyeberangi Sungai
Menyeberangi Sungai

ts2

Istirahat Sejenak di Kolam Bidadari
Istirahat Sejenak di Kolam Bidadari
Hobi Fotografi Jangan Dilewatkan
Hobi Fotografi Jangan Dilewatkan

ts13ts10

Air Terjun Tumpak Sewu
Air Terjun Tumpak Sewu

ts7

Tumpak Sewu Dilihat Dari Atas
Tumpak Sewu Dilihat Dari Atas

ts9

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s