Tips Memilih Makanan atau Jajanan Kaki 5 di India

Posted on Updated on

travel quotes

Kalau kita traveling ke negara orang tentunya kita ingin mencicipi makanan khas atau jajanan yang populer di negara tersebut bukan? Bagaimana kalau negara tersebut adalah India? 🙂 Masih banyak teman-teman saya dan juga mungkin pembaca disini yang masih takut dan belum yakin dengan kebersihan makanan mereka, ya kan? Sehingga banyak yang belum berani atau bahkan menolak mentah-mentah bila ditawarkan untuk mencicipi makanan yang dibeli di kaki lima. Mungkin karena yang kita lihat sehari-hari kehidupan mereka disana kurang bersih, tempat tinggal mereka kumuh, bercampur dengan hewan-hewan peliharaan yang tidak diurus dan tak bertuan sehingga membuat kita tidak yakin dengan kebersihan makanan yang mereka sajikan. Belum lagi bau tidak sedap yang menebar kemana-mana menambah rasa tidak ingin untuk mencobanya… hehehe

Sebenarnya tidak semuanya seperti itu, ada banyak pedagang / penjual makanan yang saya lihat selama beberapa kali traveling ke negara tersebut mengutamakan kebersihan dalam memasak dan menyajikan makanannya. Dan penjualnya juga cukup bersih 🙂 Walaupun tempatnya kurang meyakinkan, tetapi masih bisa dibilang layak untuk dicoba. Jangan kaget kalau lihat panci, wajan dan peralatan masak mereka yaa… hehehe.

Nah, dibawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa dijadikan referensi bila kalian ingin mencoba jajanan mereka – yang tentunya berdasarkan pengalaman saya ketika traveling sendiri.

1. Perut sudah lapar, lelah… rasanya sudah tidak bisa diajak kompromi lagi. Kalau dibiarkan bisa maag atau masuk angin, traveling jadi ngga asik lagi kalau sudah sakit. Apa daya disekitar tidak ada restoran, yang ada hanya warung-warung tenda kecil. Cari tempat yang paling banyak dikunjungi orang. Itu sudah pasti murah dan enak. Perhatikan orang-orang yang sedang makan dan makanan yang mereka makan. Dari situ bisa dilihat makanannya kira-kira cukup enak atau tidak untuk kita. Perhatikan juga cara pedagang memasaknya. Kalau cukup oke menurut kalian, berarti layak untuk di pesan dan disantap 🙂

Food st4 Food st2

 

 

 

 

2. Pilih tempat yang banyak dikunjungi oleh orang-orang kantoran. Biasanya bisa diketahui pada saat jam makan siang. Jam istirahat (lunch break) mereka disana itu antara jam 1.30 – 2.30.. siang banget yaa 🙂 Karena kalau orang kantoran yang makan disana setidaknya lebih bersih dibandingkan tempat yang dikunjungi oleh supir-supir bajaj. bener ngga? Logikanya kan begitu… 🙂

3. Pilih juga tempat yang tidak banyak dilalui oleh kendaraan lalu lalang didepannya. Kalau banyak kendaraan, sudah pasti meninggalkan debu di makanan dan perhatikan juga tidak ada hewan-hewan yang berkeliaran disekitarnya.

food1  food2

 

 

 

 

 

 

 

4. Begitu juga untuk memilih jajanan seperti foto dibawah ini. Jajanan ini hampir di semua wilayah di India bisa di temui 🙂 Namanya Dal. Terdiri dari biji-bijian seperti kacang kedelai, ditaburi garam dan jeruk nipis. Makannya pakai bawang merah 🙂 Sendoknya pakai daun. Pilih yang masih penuh, artinya masih baru (fresh from the oven) dan belum banyak yang beli. Harganya 10 rupee. Foto yang satunya, nama jajanannya adalah Jalebi. Jajanan ini rasanya manis, dilumuri oleh gula cair. Kalau manisnya pas sesuai selera, uenaak tenan…patut di coba!

snack1 snack2

 

 

 

 

 

 

 

jalebi1 jalebi2

 

 

 

 

 

 

 

5. Untuk minuman, seperti jus buah-buahan walaupun jarang ditemui kalau masih tetap ingin mencobanya sebaiknya cari pedagang yang menyajikan dengan gelas yang sekali pakai buang. Kecuali di foto saya ini, minum air tebu di Kolkata pakai gelas dan beberapa tempat lainnya. Puji Tuhan, tidak terjadi apa-apa 🙂

Kolkata10

 

 

 

 

 

Mudah-mudahan tips di atas bisa membuat para pembaca yang ingin mencicipi makanan dan jajanan di India berani untuk mencobanya.

Happy traveling!

 

 

Advertisements

One thought on “Tips Memilih Makanan atau Jajanan Kaki 5 di India

    Gopal Garg said:
    March 18, 2015 at 6:48 pm

    Hey Tania! First of all, your blogs always give me a new pair of lens to see my motherland. Though I didn’t understand your language in this one, glancing through the snap shots, guess you are a real foodie like me and I’m thrilled by that! Hope you had a wonderful time there and travel safe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s