My Itinerary Trip to India – #3 Agra

Posted on Updated on

AGRA

Hari ke-7. Tiba di stasiun kereta api Agra Fort sekitar jam 6.15 langsung menuju pintu keluar dan menyewa tuk tuk untuk di antar ke hotel Sidharta. Perjalanan selama di kereta api memakan waktu hampir 13 jam 🙂 dengan menggunakan kereta api “Marudhar Express”.

Dalam perjalanan menuju ke hotel, saya melihat Taj Mahal dari kejauhan yang masih diselimuti kabut dan saya minta supir bajajnya untuk berhenti karena saya ingin mengambil beberapa foto Taj Mahal. Sangat menggoda untuk dilewatkan begitu saja.. hehehe. Supir bajaj kelihatannya mengerti sekali dengan keinginan saya atau memang sudah biasa mengantar tamu seperti saya? karena dia langsung mencari spot yang terbaik untuk mengambil foto. Selesai mengambil foto, supir bajaj menawarkan diri untuk mengantar saya ke tempat-tempat yang biasa dikunjungi oleh para turis, seperti: Agra Fort, Baby Taj dan Mehtab Bagh. Saya setuju untuk menggunakan supir dan bajaj ini untuk mengantar saya ke tempat-tempat tersebut. Setelah sampai di hotel, supir akan kembali menjemput saya jam 10.00

Jam 10 lewat saya keluar hotel dan supir bajaj sudah menunggu di depan hotel 🙂 Tempat pertama yang saya kunjungi adalah Agra Fort. Cuaca saat itu cukup menyengat buat ukuran saya. Matahari benar-benar full mengeluarkan sinarnya… pffff…sekujur badan langsung basah berkeringat. Dari Agra Fort, saya minta di antar ke restaurant untuk makan siang. Dan kunjungan berikutnya adalah Baby Taj dan Mehtab Bagh. Rasanya 3 tempat ini sudah cukup melelahkan untuk hari ini. Kembali ke hotel sekitar pukul 6.30 sore.

Day 7. Arrived at Agra Fort railway station about 6:15 hours straight toward the exit and hired a tuk tuk to drop off at hotel Sidhartha. The trip by train took almost 13 hours 🙂 with “Marudhar Express”. On the way to the hotel, I saw the Taj Mahal from a distance that is still shrouded in fog and I asked the driver to stop because I wanted to take some photos of the Taj Mahal. It’s tempting to pass up .. hehehe. Bajaj driver seemed to understand once with my desire or have been used to take guests like me? because he went looking for the best spot to take photos. Finished taking photos, bajaj driver offered to take me to places frequented by tourists, such as Agra Fort, Baby Taj and Mehtab Bagh. I agree to use this driver and three-wheeler to take me to these places. After arriving at the hotel, the driver will return to pick me up at 10.00.

By 10 o’clock through I exited the hotel and three-wheeler driver was waiting in front of the hotel 🙂 The first place I visited was Agra Fort. The weather was quite pungent for my size. The sun really shine full issue … pffff … sweating all over my body directly. From Agra Fort, I’m driven to restaurant for lunch. And next visit Baby Taj and Mehtab Bagh. It seemed these places had quite tiring for today. Back to the hotel at about 6:30 pm.

Agra in the morningMB1

Hari ke-8 di Agra. Pagi jam 6 saya sudah keluar hotel untuk mengunjungi Taj Mahal. Cukup jalan kaki kurang dari 5 menit saya sudah sampai di loket karcis 🙂 Untuk masuk ke Taj Mahal tidak diperkenankan membawa video cam. Setiap pengunjung diperiksa satu persatu dan barang bawaan harus diperiksa dengan alat pemeriksa seperti di imigrasi bandara. Oh ya, pengunjung setelah membeli karcis masuk akan mendapatkan 1 botol air minum dan sepasang alas kaki dari kain. Sebelum membeli karcis, saya di cegat seorang pemuda yang menawarkan jasanya sebagai tour guide. Awalnya saya tidak tertarik untuk memakai jasa tour guide, tetapi pemuda ini cukup menarik dan sepertinya cukup jujur karena saya tawar setengah harga dari yang dia minta dan dia bersedia :). Nama tour guide saya ini adalah Raju. Dan ternyata memang sangat bermanfaat memakai jasa si Raju ini, bukan saja informasi mengenai sejarah Taj Mahal tetapi Raju juga memberikan tempat-tempat yang bagus untuk pengambilan foto.

Selesai Taj Mahal, selama kurang lebih 2 jam saya kembali ke hotel untuk sarapan dan mandi. Dan sekitar jam 10, saya mulai tour mengunjungi Fatehpur Sikri dan Sikandra dengan menyewa kendaraan melalui supir bajaj yang kemarin saya sewa :). Sebenarnya dari pihak hotel juga bisa menyediakan dan harga juga tidak jauh berbeda.

Day 8th. At 6 o’clock in the morning I’ve been out to visit the Taj Mahal. Just walked less than 5 minutes I had reached the ticket booth 🙂 To go into the Taj Mahal is not allowed to bring a video cam. Each visitor is checked one by one and luggage must be checked by the immigration inspector tool such as airports. Oh yes, after buying the entrance ticket visitors will get 1 bottle of water and a pair of footwear from the fabric. Before you buy a ticket, I intercepted a young man who offers his services as a tour guide. Initially I was not keen to use the services of a tour guide, but this young man seems quite interesting and quite honestly because I was fresh half the price of what he asked for and he is willing :). The tour guide my name is Jagdis. And it turns out it is very helpful to use the services of the Jagdis is, not only information about the history of the Taj Mahal but he also provided great places for photo shoot. Finish the Taj Mahal, for about 2 hours I returned to the hotel for breakfast and a shower. And around 10, I began a tour to visit Fatehpur Sikri and Sikandra to rent a vehicle through bajaj driver that yesterday I rent :). Actually of the hotel can also supply and the price is also not much different.

Baby Taj1

Hari ke-9. Selesai sarapan saya menuju Bharatpur Bird Sanctuary atau dikenal juga dengan Keoladeo National Park, dan menyewa kendaraan (kali ini sewa dari hotel).

Hari ke-10. Dari Agra menuju Jaipur dengan kereta api “Marudhar Express” dengan jam keberangkatan 06.35 dan tiba di Jaipur jam 12.05

Day 9. After breakfast I headed to Bharatpur Bird Sanctuary also known as Keoladeo National Park, and hired vehicles (this time the rent from the hotel).

Day 10. From Agra to Jaipur by train towards “Marudhar Express” with a 6:35 departure time and arrive in Jaipur at 12:05

Cost:

– Entrance fees: Taj Mahal Rs750, Agra Fort Rs300, Baby Taj Rs110, Mehtab Bagh Rs100, Fatehpur Sikri Rs250, Sikandra Rs110, Keoladeo (Bharatpur Bird Sanctuary) Rs400