Agra, The City of Emperor Kingdom

Posted on Updated on

Agra in the morning  20130915_103608

Inilah kota ketiga yang saya kunjungi ketika backpacking di India. Berangkat dari kota Varanasi naik kereta api malam dan tiba di Stasiun Agra Fort sekitar jam 6 pagi dengan waktu tempuh lebih kurang 13 jam. Kota ini wajib saya kunjungi ketika membuat planning trip ke India. Apalagi kalau bukan karena Taj Mahal, bangunan megah nan spektakuler yang masuk dalam daftar Keajaiban Dunia, tentunya menjadi prioritas utama tujuan ke India. Rasanya belum afdol dikatakan trip ke India kalau belum melihat Taj Mahal… J

Ketika kereta api memasuki kota Agra, tampak dari kejauhan bangunan Taj Mahal samar-samar tertutup kabut pagi hari. Kesan megah dan agung sudah terasa begitu melihatnya. Ngga sabar rasanya untuk bisa melihat dari dekat. Walau jam sudah menunjukkan pukul 7 pagi, tetapi kabut masih menyelimuti di sekitar Taj Mahal.

Sampai di stasiun, saya langsung menuju pintu keluar. Untuk kali ini sudah lebih percaya diri karena ini yang ketiga kali pula naik kereta api malam dan sudah mulai terbiasa dengan suasana di stasiun kereta api di India…hehehe. Kereta berhenti di platform 8 dan harus menaiki tangga penyeberangan untuk menuju pintu keluar stasiun. Tidak sulit untuk mencari arah jalan keluar walau kebanyakan petunjuk masih dalam bahasa India dan lagi pula saya juga mengikuti arus orang-orang yang akan keluar dari stasiun J.

Di depan pintu keluar stasiun sudah tampak banyak tuktuk berjejer di pinggir jalan. Saya langsung menghampiri tuktuk dan sempat bingung juga mau pilih yang mana karena supir-supir di sana langsung mendekati saya ketika berjalan ke arah mereka. Saya pilih bapak yang mungkin usianya 45 tahun ke atas dan saya menyebut nama hotel tempat saya menginap supir tersebut langsung mengerti dan tahu alamatnya. Dia minta harga 150 rupee dan saya malas untuk tawar menawar maka saya langsung naik ke dalam tuktuk. Dalam perjalanan menuju hotel, terlihat lagi dari jauh bangunan Taj Mahal yang masih sedikit diselimuti kabut. Kelihatannya supir tersebut mengerti keinginan saya untuk bisa berhenti sebentar mengambil foto Taj Mahal dan sebelum saya memintanya supir tuktuk sudah memperlambat tuktuknya dan berhenti di tepian trotoar. Jepret-jepret sebentar lalu kembali ke tuktuk. Belum jalan supir tuktuk menawarkan jasanya ke saya untuk mengantar saya jalan-jalan dan mengunjungi beberapa tempat seperti Agra Fort, Baby Taj dan Mehtab Garden. Dan saya juga tidak menolaknya, akhirnya setelah tawar menawar maka disepakati harga 300 rupee untuk 2 orang. Menurut saya harga ini cukup murah lho… J

Sampai di hotel, saya minta supir tuktuk untuk kembali jam 10 karena saya mau istirahat, mandi dan sarapan sebelum city tour. Proses check in di hotel tidak lama karena saya sudah booking sebelumnya sehingga kamar sudah disiapkan. Saya dapat kamar dengan pemandangan ke taman, walaupun tamannya tidak besar. Dan berada di lantai pertama. Saya lihat hotel ini mempunyai 3 lantai. Hotel ini sangat dekat dengan Taj Mahal, hanya jalan kaki 5 menit. Dan daerah hotel ini rupanya sudah masuk kawasan Taj Mahal sehingga mendapat penjagaan cukup ketat. Karena jalan masuk ke hotel ini di pasang portal dan gardu polisi (kalau di Indonesia, seperti gardu hansip gitu deh…). Inilah alasan saya kenapa memilih hotel ini.

AGRA FORT

Agra Fort (Benteng Agra) adalah sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO yang terletak di  Agra, India. Benteng ini juga disebut sebagai Lal Qila atau Benteng Merah. Lokasinya sekitar 2.5 km ke barat laut dari Taj Mahal. Benteng ini lebih tepat disebut sebagai sebuah kota berdinding.

Agra Fort adalah sebuah benteng paling penting di India. Penguasa Mughal terkenal seperti Babur, Humayun, Akbar, Jehangir, Shah Jahan dan Aurangzeb pernah menempati benteng ini dan memerintah negara dari sini. Pada masa itu, kekayaan negara disimpan di dalam benteng ini.

Harga karcis masuk untuk turis asing Rs300/orang.

Agra1   Agra2Agra5   Agra3

Agra6   Agra4

BABY TAJ (ITIMAD-UD-DAULAH)

Adalah sebuah makam Mughal di kota Agra. Sering digambarkan sebagai ‘kotak hiasan’, kadang-kadang disebut ‘Bayi Taj’, dan sering dianggap sebagai sebuah rancangan Taj Mahal. Bersama dengan bangunan utama, struktur yang terdiri dari berbagai bangunan luar dan kebun, makam ini dibangun antara tahun 1622 dan 1628. Terletak di tepi kiri sungai Yamuna, Baby Taj berada di dalam sebuah taman besar yang dibangun di atas tanah sekitar lima puluh meter persegi dengan tinggi sekitar 1 meter. Sedangkan makam itu sendiri berada di dalam ruangan ukuran dua puluh tiga meter persegi. Di setiap sudut ada menara heksagonal yang tingginya sekitar tiga belas meter.

Harga karcis masuk untuk turis asing Rs110/orang

BT10  BT1

Baby Taj1  Baby Taj2

MEHTAB GARDEN

Mehtab Bagh atau Mehtab Garden ini adalah kebun kerajaan Mughal yang ke sebelas, yang terletak di tepi sungai Yamuna dan berseberangan dengan Taj Mahal dan Agra Fort. Dari kebun ini kita bisa melihat langsung bangunan Taj Mahal. Yang datang ke sini biasanya untuk melepas lelah sambil duduk-duduk di rumput dan memandangi Taj Mahal (seperti yang saya lakukan…hehehe). Selain itu buat yang hobi memotret, tempat ini merupakan spot yang bagus untuk memotret sunset dan Taj Mahal akan berbentuk siluet yang indah. Sayangnya saya tidak membawa tripod saat itu dan masih cukup lama juga untuk menunggu sampai sunset 😦

Oh ya, tiket masuk untuk ke Mehtab Bagh adalah Rs100/orang (harga turis asing).

MB2

Mehtab Bagh

Related Links

3 thoughts on “Agra, The City of Emperor Kingdom

    chris13jkt said:
    November 15, 2013 at 10:07 am

    Baby Taj kelihatan sepi. Apa memang sehari-hari memang sepi begitu? Beda banget ya dengan Taj mahal yang kelihatan selalu penuh orang.

    Tania Langitan responded:
    November 15, 2013 at 11:11 am

    Iya…tidak terlalu ramai. Mungkin karena orang kebanyakan kalau sudah lihat Taj Mahal, jadi ngga interest lihat Baby Taj. Namanya juga Baby…ya ngga besar kaya induknya…hehehe

    […] Agra, The City of Emperor Kingdom […]

Leave a Reply

