Travel Tips: Stretch Your Budget When Travelling

Posted on Updated on

Pernah mengalami over budget ketika travelling? Saat pulang ke tanah air tagihan kartu kredit membengkak, atau tabungan di rekening menyusut drastis 🙂 Nyesek banget rasanya kan? Macam-macam kejadian yang menyebabkan anggaran yang sudah kita perkirakan ternyata meleset cukup jauh ketika sedang menikmati perjalanan liburan. Mungkin anggaran belanja alias shopping adalah yang paling tinggi over budgetnya 🙂

Nah, bagaimana caranya untuk dapat menekan biaya travelling agar anda dapat menikmati travelling-travelling berikutnya? Beberapa pengalaman saya sendiri dari beberapa kali travelling ke luar negeri akan saya bagikan kepada para traveller dan pembaca blog saya.

1. Mencari penginapan yang ada fasilitas dapur untuk memasak. Penginapan yang ada fasilitas ini biasanya apartemen, dan pada waktu mengikuti suami travelling ke Melbourne, Australia selama 7 hari saya menginap di “Oaks on Londsdale”, di Londsdale Street.  Australia boleh dibilang termasuk mahal untuk soal makanan, apalagi kalau makan di restoran. Tetapi bahan-bahan makanan seperti susu, mentega, roti, telur, cukup murah harganya. Maka saya membeli bahan-bahan makanan tersebut untuk sarapan, makan siang (untuk saya sendiri) dan makan malam. Untuk harga bahan-bahan tersebut saya lupa berapa, tetapi saya ingat beli kue muffin isi 4, susu, telur 6 butir, mentega, sosis dan kentang goreng yang harganya tidak lebih dari AUD20. Dan saya juga beli 1 ekor roasted chicken. Itu semua untuk konsumsi 3 hari. Jauh berhemat dengan cara seperti ini dibandingkan membeli makanan untuk setiap kali makan. Kalaupun saya ingin makan di luar (biasanya makan malam), saya memilih 1 menu dan suami saya juga memilih 1 menu. Tau sendiri porsi orang bule kalau makan sangat banyak.

Catatan: Bagusnya kalau tinggal di apartemen lebih dari 2 orang, atau minimal 2 orang, sehingga biaya makan dan penginapan bisa sharing dan harganya akan jadi lebih murah 🙂 Buat yang solo traveller, bisa cari penginapan yang “home stay”, artinya menginap di rumah penduduk. Selain murah, dan kita bisa masak sendiri di rumah tersebut.

Mel4  Mel1

Pork Steak & Salad, menu untuk berdua
Pork Steak & Salad, menu untuk berdua

2. Carilah penginapan yang mudah dijangkau transportasinya. Misalnya dekat dengan subway, metro train, shuttle bus. Ini tentu saja akan memudahkan kita untuk jalan-jalan ke tempat yang cukup jauh bila dengan berjalan kaki. Ketika di Melbourne, penginapan saya dekat dengan subway, cukup berjalan kaki kurang dari 5 menit. Bahkan persis di depan pintu keluar apartemen ada shuttle bus. Untuk mendapatkan penginapan yang dekat  dengan transportasi umum, rajin-rajinlah browsing di internet terutama di website yang menawarkan bookingan hotel. Anda juga perlu membaca review dari orang-orang yang pernah menginap di hotel tersebut. Biasanya saya mencari penginapan yang ratingnya di atas 7, baru kemudian lihat harga dan lokasi.

Mel2  Mel3

3. Cari tiket pesawat yang menawarkan promo. Ini juga akan mempengaruhi kondisi budget kita. Semakin murah harga tiket yang di dapat maka akan membuat kita merasa aman untuk travelling. Artinya, budget tiket bila ada kelebihannya bisa dialihkan untuk budget yang lainnya alias bisa shopping….hehehe 🙂 Sekarang ini sudah banyak maskapai penerbangan yang berbasis “Low Cost”. Berarti semakin banyak kesempatan untuk para traveller melakukan travelling, iya kan? Mereka berlomba-lomba menawarkan harga promo, ada yang setiap jumat memberikan harga lumayan miring. Maka, daftarkanlah diri anda di website penerbangan tersebut agar anda mendapat informasi lebih dulu bila ada harga promo dari mereka 🙂

Related Links

Leave a Reply

