Jungle Trekking in Mossy Forest – Cameron Highland

Posted on Updated on

Menunggu itu memang pekerjaan yang membosankan dan menyebalkan. Saya sudah berada di lobi jam 9.30 tepat dan jadwal program yang tertulis di brosur adalah jam 9.45. Dan sampai 20 menit berikutnya waktu terasa begitu lambat bergerak. Padahal sambil menunggu mobil jemputan saya membuka internet dari smartphone dengan menggunakan wifi gratis yang disediakan oleh pihak hotel, tetapi semua aplikasi yang saya lihat koq tidak ada yang menarik. Itu karena hati dan pikiran saya sudah tertuju ke program tur hari ini. Sudah ngga sabaran rasanya untuk merasakan adventure ini..hehehe. Setiap mendengar suara mobil yang akan melewati lobi depan hotel kepala saya selalu melongok ke depan berharap mobil tersebut adalah jeep Land Rover yang akan menjemput saya 🙂 Tiba-tiba saja saya mendengar suara gas mobil yang keras menderum-derum….sebuah mobil melintas dengan kecepatan tinggi dan mengerem mendadak. Kemudian mengganti kopling gigi mundur lalu masuk ke gigi satu, melaju ke depan pintu hotel dan ciiiiittt…..penumpang di dalam mobil tersebut tersentak badannya ke depan. Astagaaa….itulah jeep Land Rover yang menjemput saya. Seorang lelaki keturunan India berbadan tinggi turun dan masuk ke hotel menanyakan peserta yang akan ikut tur “Mossy Forest” dari agent Hill Top. Di lobi ada 2 orang lain yang juga sedang menunggu jemputan untuk tur dan ternyata yang dimaksud adalah saya. Langsung saja saya berdiri dan memberikan kwitansi bukti pembayaran program kepada orang India itu yang kemudian saya tahu bernama Appu.

Saya kebagian duduk di kursi belakang dengan posisi miring dan sudah ada 3 orang yang duduk di situ. Sementara di kursi tengah ada 3 orang dan di kursi depan 2 orang termasuk Appu. Semua peserta berjumlah 9 orang. Ada yang berasal dari negara Belanda, Jerman, Swiss dan Jepang. Saya menyapa mereka dan memperkenalkan diri dari Indonesia. Oww…Indonesia….itulah yang terlontar dari mulut mereka ketika saya menyebutkan asal negara saya. Hmmm…kenapa ya? Saya ngga bisa banyak bertanya karena mobil segera melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi menurut saya. Apalagi perjalanan ini menuju ke perkebunan teh seperti yang saya lalui kemarin dan pada akhirnya kami berhenti di suatu tempat yang cukup tinggi. Pemandangannya agak berbeda dari yang kemarin saya lihat. Memang di program ini ada 3 tempat yang sudah saya ikuti pada saat program tur kemarin siang. Dan salah satunya melihat perkebunan teh. Oleh karena hari ini adalah Senin maka peserta program tidak dapat mengunjungi pabrik teh BOH karena setiap hari Senin pabrik tersebut tutup. Appu menjelaskan riwayat sejarah perkebunan teh BOH ini, persis seperti yang dijelaskan oleh supir yang kemarin. Dan saya tidak perlu mendengarnya lagi. Sambil menunggu Appu selesai, saya mengambil foto-foto melalui kamera seperti yang terlihat di bawah ini.

.20130729_093100 Mossy1_resize Mossy2_resize Mossy4_resize

Selesai berfoto-foto, kami kembali ke jeep dan mobil mengarah ke Gunung Brinchang. Perjalanan sekitar 20 menit untuk sampai di lokasi. Di sana ada sebuah tower yang tingginya kira-kira 20m, bisa dinaiki untuk melihat pemandangan sekitar. Tidak terlalu tinggi memang, tapi lumayanlah untuk bisa melihat jauh pemandangan hutan dan sebagian kebun teh. Karena tangganya sangat sempit (dan towernya juga), maka untuk naik ke atas harus mengantri. Tunggu yang turun lebih dulu keluar, baru yang mau ke atas bisa naik tangga. Sampai diatas angin terasa dingin dan pemandangan sekitar sebagian masih tertutup kabut dan awan tebal.

Mossy1.1_resize Mossy1.2_resize

Ngga lama-lama berada di atas tower tersebut, selain tempatnya yang makin ke atas makin sempit dan untuk berfoto-fotopun tidak bisa leluasa. Yang penting sudah naik sampai yang paling atas, melihat pemandangan dari tempat tertinggi dan berfoto. Dari tower kami berjalan kaki sekitar 150 meter melalui jalan beraspal dengan hutan di kiri kanan jalan. Suasana hutan sudah sangat terasa saat berjalan kaki. Sepi dan sunyi. Tidak terlihat sampah atau coretan-coretan di pohon atau di batu. Dan tidak terlihat adanya penjaja makanan atau warung 🙂 Semuanya benar-benar terasa alami. Tidak lama berjalan kaki saya sudah melihat Appu bersama peserta lainnya yang sudah lebih dulu sampai. Appu mulai memberikan penjelasan mengenai trekking yang akan kami lalui di dalam hutan nanti. Intinya saat ini kami berada di gunung Brinchang dengan ketinggian 6,666 kaki dari atas permukaan laut.

Mossy6 Mossy7 Mossy9

Appu menunjuk jalan yang akan kami lalui, dimulai dari pinggir jalan. Sepintas tidak terlihat kalau ada jalan setapak yang biasa dilalui. Dari pinggir jalan itu kami langsung naik ke atas. Beruntung tidak hujan semalam, karena kalau hujan sudah pasti jalur tersebut becek dan sangat licin. Tidak ada pegangan buatan, semuanya mengandalkan alam seperti akar, batang pohon atau batu-batuan. Ada kalanya harus naik cukup tinggi dan terjal dan saya harus sangat berhati-hati agar kaki tidak terpeleset karena sepatu yang saya pakai bukan khusus untuk trekking 😦 Benar-benar luar biasa berada di dalam hutan. Ada sebuah pohon yang mungkin usianya sudah ratusan tahun dan akarnya sudah menjalar kemana-mana sehingga membentuk jembatan kecil dan saya sempat loncat-loncat diatasnya (seperti main trampolin) untuk mengukur kekuatan akar tersebut. Tentu saja Appu sudah menjelaskannya terlebih dulu bahwa hal itu aman…kalau ngga sih mana berani saya…tiba-tiba masuk jurang pula saya. Waaaaa….Yang lebih penting adalah tidak ada ular atau binatang buas. Walaupun sebelumnya Appu menjelaskan kemungkinan bertemu ular atau lintah bisa saja terjadi. Setelah menyusuri jalan setapak di dalam hutan, akhirnya kami sampai di akhir trekking dengan melihat pemandangan luas keluar hutan. Dan untuk kembali ke jalan aspal kami harus turun dari ketinggian sekitar 3m yang curam. Appu terlebih dulu turun sambil memperlihatkan tempat-tempat yang aman untuk kaki menginjak sehingga bisa turun dengan selamat. Wow…pengalaman trekking yang menyenangkan! Saya sangat menyukainya…:)

Mossy12  Mossy11  Mossy2.1_resize Mossy13  Mossy2.2_resize  Mossy10

Selesai acara trekking di Mossy Forest, perjalanan dilanjutkan mengunjungi Taman Rama-Rama dan Kebun Stroberi. Dua tempat ini sudah saya kunjungi di program tur sebelumnya sehingga tidak perlu lagi untuk diceritakan di artikel ini. Program tur hari ini berakhir pukul 1.30 dan saya diturunkan di pinggir jalan raya Brinchang (bukan di hotel seperti kemarin). Ngga masalah buat saya karena kebetulan perut sudah bernyanyi, waktunya untuk makan siang. Senang sekali saya hari ini…puas rasanya bisa jalan-jalan di dalam hutan. Saya berharap bisa mengalami hal yang serupa di negara sendiri…:)

Ciao…salam travelling!

Related Links

5 thoughts on “Jungle Trekking in Mossy Forest – Cameron Highland

Road Trip To Cameron Highlands | A SMART Traveller said:
    August 3, 2013 at 5:19 pm

[…] Cameron Highland sudah sangat puas untuk menikmatinya. Hari kedua dan hari ketiga saya mengikuti paket tour yang saya ambil brosurnya dari tempat hotel saya menginap karena harganya lebih murah dibandingkan […]

[…] Jungle Trekking in Mossy Forest […]

Archana said:
    February 6, 2014 at 9:40 am

Hey, I really like your review on your trip in the Mossy Forest. I happen to have gone through the same private tour by the guy named Appu as well. He was a really good tour guide. Do you happen to have Appu’s number? I have lost his number. Need to bring a team up for the same tour. Looking forward to hear from you. Thank you very much in advance.

Tania Langitan responded:
      February 7, 2014 at 10:35 pm

Hi… i tried to find out of Appu’s contact no but i dont have it. I only have the phone no of the organizer. If u want it I will send to you

March 17, 2014 at 3:48 pm

Hi.. i found the name card of Appu. Below is his mobile no and email address.
      Mobile: 019 563 6405
      Email: tamilaguy2001@yahoo.com
      Hope this information will help you 🙂