Country Side Tours – Cameron Highlands

Posted on Updated on

Kalau datang berkunjung ke Cameron Highlands memang sebaiknya mengambil paket tour. Selain lokasi tempat tour yang cukup jauh jaraknya, juga tidak ada transportasi umum seperti bus atau angkot sehingga cukup sulit bila ingin jalan-jalan sendiri tanpa menggunakan jasa tour. Ada banyak jenis tour yang ditawarkan oleh agen tour melalui brosur yang saya dapatkan dari Tourist Information Center (TIC) maupun pihak hotel. Walaupun paket tour yang ditawarkan hampir sama semuanya tapi dari soal harga lumayan jauh beda. Beruntung ketika bus saya stop di kantor TIC Tanah Rata, saya mengambil brosur yang ada di sana sehingga bisa saya bandingkan harga-harga paket tour. Ternyata brosur yang dari hotel menawarkan paket yang lebih murah dibandingkan yang dari TIC Tanah Rata.

Saya mengambil paket tour murah seharga RM25 / orang dengan durasi 3,5 – 4 jam. Country Side Tours, adalah nama paket tour yang saya ambil dari agen Hill Top Travel & Tour. Sambil menunggu waktu penjemputan jam 1.45 siang, maka saya jalan-jalan di sekitar hotel sambil mencari makan siang. Menurut saya, lokasi hotel tempat saya menginap sangat strategis dan saya merasa tidak salah pilih. Dekat hotel ada banyak restoran dengan berbagai menu dan rasa, ada restoran india, melayu dan masakan cina. KFC pun dekat, tinggal menyeberang jalan. Ada supermarket cukup besar, pangkalan taksi, pasar tradisional (pagi hari), pasar malam, semuanya hanya dengan berjalan kaki. Mau laundry pakaian juga ada dan satu-satunya yang ada di Brinchang yang mau menerima cuci pakaian. Ada tempat satu lagi, tapi cuma terima partai besar dan jenis selimut atau bed cover. Aneh juga ya… Ini saya cari sendiri karena pihak hotel tidak menyediakan jasa laundry sementara baju-baju sudah harus di laundry.

Saya di jemput oleh pihak tour jam 2.15 dengan kendaraan jenis Land Rover. Wah, asyik juga….berasa perjalanan mau off road…hehehe. Dan memang ini yang saya harapkan kalau naik kendaraan untuk touring dibandingkan naik mobil jenis Colt 🙂 Di dalam mobil sudah ada 1 orang penumpang, anak muda berasal dari Amerika yang melakukan perjalanan “solo traveller”. Dan katanya mau ke Bali awal bulan Agustus ini. Senang rasanya kalau ketemu turis yang mengatakan akan mengunjungi Indonesia. Langsung deh promosikan kota-kota Indonesia lainnya, supaya jangan hanya ke Bali saja. Masih banyak tempat wisata Indonesia yang bagus-bagus… hehehe

20130728_153855_edited

Dari hotel, mobil meluncur ke taman bunga mawar (Rose Garden Centre). Untuk masuk ke dalam taman harus bayar RM5 per orang. Biaya ini tidak termasuk dalam paket tour. Waktu yang diberikan untuk melihat-lihat aneka jenis bunga mawar ini lebih kurang 35 menit. Taman ini luasnya tidak melebar, tetapi ke atas. Karena landskapnya yang berbukit, maka dibuat beberapa tingkat. Untuk orang tua yang sudah lanjut usia atau bermasalah dengan kaki mungkin cukup sulit untuk melihat taman yang di tingkat atas. Tapi menurut saya taman mawar yang dibawah yang paling bagus dan lebih luas areanya.  Jadi tidak perlu kecewa kalau tidak melihat taman yang di atas 🙂

IMG_3817 SAM_0711 IMG_3823 SAM_0718

Dari Rose Garden mobil menuju pasar yang menjual suvenir dan buah-buahan. Cameron Highlands juga terkenal dengan kebun strawberry, maka tidak heran kalau banyak sekali menemukan buah strawberry dengan aneka jenis olahannya. Mulai dari es krim, kue muffin, manisan, jus, yoghurt bahkan teh rasa strawberry.

IMG_3828_edited SAM_0736_edited SAM_0737_edited

Selesai melihat-lihat pasar, supir membawa kami ke perkebunan teh dan berhenti di pinggir jalan yang berkelok-kelok. Terlihat hamparan kebun teh yang luas dan berwarna hijau, seperti karpet hijau terbentang di hadapan saya. Indah sekali… tampak di kejauhan bukit-bukit yang tertutup awan tipis. Supir kami keturunan India Tamil, beliau menceritakan mengenai awal mula berdirinya kebun teh ini yang sekarang dikelola oleh keturunan ketiga dari John Archibald Russels. Perkebunan teh ini dikelola dari tahun 1929 dengan luas 240 hektar…woow, bisa kebayang ngga tuh luasnya sampai kemana? Hahaha…. perkebunan teh ini dinamakan “BOH Tea Plantation”. Produk-produknya pun dikenal dengan nama BOH. Setelah foto-foto sebentar, perjalanan dilanjutkan menuju pabrik teh BOH. Para pengunjung boleh melihat proses pembuatan teh, mulai dari daun-daun teh yang di petik dari kebun teh, sampai menjadi serbuk teh yang bisa diseduh dan siap untuk diminum. Pabrik tersebut hanyalah sebuah contoh yang bisa dilihat oleh umum dan dijadikan obyek turis, karena pabrik teh yang sebenarnya amatlah besar dan tidak mungkin untuk dikunjungi para turis. Di lokasi ini, juga ada ruangan pemutaran video mengenai BOH Tea Plantation. Dan produk-produk teh merek BOH bisa dibeli disini.

IMG_3862_edited IMG_3844_edited IMG_3861_edited IMG_3858_edited

Dari BOH Tea Plantation perjalanan dilanjutkan menuju Butterfly farm atau Taman Rama-Rama atau Kupu-kupu. Ada biaya masuk sebesar RM5 per orang. Di tempat ini tidak hanya kupu-kupu saja yang bisa di lihat, tetapi kita juga melihat berbagai jenis serangga, binatang reptil dan beberapa jenis kaktus dan bunga-bunga. Tempatnya tidak terlalu besar menurut saya, tetapi cukup terawat dengan baik.

SAM_0785 SAM_0756_edited SAM_0762_edited SAM_0765 SAM_0750

Tempat berikutnya yang dikunjungi adalah kebun stroberi. Agak mengecewakan sebenarnya datang ke tempat ini. Harapan saya adalah melihat suatu kebun stroberi yang cukup luas dengan buahnya yang merah merona dan menggiurkan. Kenyataannya adalah kami hanya bisa masuk ke dalam kebun kecil yang mungkin ukuran luasnya 4m x 7m… 😦 Kebunnya lumayan luas, tetapi dibatasi dengan pagar kawat dan ada pintu kasa yang terkunci. Sementara buah strawberrynya masih kecil-kecil yang baru tumbuh dan masih berwarna hijau. Tidak ada strawberry yang sudah matang dan berwarna merah. Di sudut halaman terdapat cafe yang menjual minuman dari buah stroberi, es krim dan kue taart. Kekecewaan saya sedikit terobati dengan memesan 1 potong Strawberry Cheese Cake.

20130728_174513

IMG_3849_edited

Tempat terakhir dari tur ini adalah mengunjungi kuil Budha yang bernama Sam Poh Temple. Kelihatannya kuil ini adalah yang terbesar di daerah Cameron Highlands dan yang paling bagus menurut saya. Tidak banyak yang datang mengunjungi kuil ini ketika saya datang.

IMG_3874 IMG_3888 undefined

Dengan selesai mengunjungi Sam Poh Temple ini maka acara tur hari ini pun selesai. Supir mengantar saya kembali ke hotel sekitar pukul 6.30. Secara keseluruhan tur ini memuaskan dan saya dapat menikmati pemandangan alam Cameron Highlands yang indah ini. Besok pagi, saya mengikuti tur yang akan membawa saya bertualang ke Mossy Forest, yang pastinya akan lebih seru dari tur hari ini. Waah….rasanya sudah ngga sabar lagi menunggu besok pagi. Sekarang waktunya untuk mencari makan malam…yuuuk 🙂

Related Links

6 thoughts on “Country Side Tours – Cameron Highlands

    Road Trip To Cameron Highlands | A SMART Traveller said:
    August 3, 2013 at 5:19 pm

    […] Country Side Tours […]

    […] Country Side Tours […]

    claudia said:
    March 20, 2014 at 6:01 am

    Bole tny, wkt itu nginep di hotel apa namanya ya? Thanx infonya ^^

      Tania Langitan responded:
      March 21, 2014 at 4:10 am

      Halo Claudia, terima kasih sudah mampir di blog saya
      Waktu trip ke Cameron Highlands, saya menginap di Hotel Country Lodge Resort di daerah Brinchang. Bisa lihat di booking.com atau agoda.com

      Happy Traveling!

    nelmi sabrina said:
    July 22, 2016 at 5:03 pm

    hai. boleh minta contact country side tour?
    terimakasih

      Tania Langitan responded:
      July 22, 2016 at 6:45 pm

      Jenis paket tur yang saya ambil waktu itu adalah Country Side Tour. Tapi travel agent yang arrange tur tsb namanya Hill Top Travel & Tour
      website: http://www.hilltop.my
      H/P: 017-5941192 / 013-4408422
      Email: hilltopch@ymail.com
      Telp/Fax: 05-4914030

Leave a Reply

