Cute Koalas and Big Kangoroos @ Wildlife Currumbin Sanctuary, Gold Coast

Posted on Updated on

Siapa sih yang bisa menolak kalau ada yang mau bayarin masuk ke “Wildlife Currumbin Sanctuary” untuk melihat binatang Koala dan Kangguru? 2 jenis binatang yang belum pernah saya lihat secara langsung dalam hidup saya. Selama ini hanya bisa melihat di gambar-gambar, majalah atau acara televisi. Jauh-jauh hari sebelum datang ke Australia, salah satu item dalam deretan daftar yang “wajib” dilihat atau dikunjungi bila ke Australia adalah Koala dan Kangguru. Ibarat dibelikan es krim favorit yang sudah lamaaaa sekali ngga ngerasain, kira-kira begitulah perasaan saya waktu itu ketika Tante saya yang tinggal di Gold Coast mengatakan bahwa Isaboe akan datang dari Brisbane untuk mengantar dan menemani saya  melihat Koala dan Kangguru. Cihuy banget deh rasanya…. 🙂

Jalan seperti tak ada ujungnya…kapan sampainya ini? 40 menit mengendarai sedan biru milik Isaboe terasa sangat lama dan membosankan. Ketika melihat ada tulisan di papan petunjuk “Wildlife Currumbin Sanctuary” rasanya lega, berarti sebentar lagi sampai di tujuan…hehehe, soalnya sudah tidak sabar lagi melihat 2 jenis binatang tersebut. Apalagi kami berangkat dari rumah sudah terbilang cukup sore, sekitar jam 4. Kami tiba di lokasi sudah hampir menunjukkan pukul 5, dan Currumbin tutup jam 6 sore :(.

Untungnya binatang Koala yang mau dilihat tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh. Setelah membayar tiket masuk, berjalan beberapa meter sudah langsung bisa melihat binatang yang pemalu ini. Dan persis di sebelahnya ada counter yang menawarkan paket foto bersama Koala, langsung deh saya mendaftarkan diri. Saya lupa berapa harga-harga yang ditawarkan untuk setiap paketnya. Seingat saya ada 3 jenis paket yang di tawarkan. Saya ambil paket 1 buah foto + 2 buah gantungan kunci. Koala yang saya gendong namanya Abby (betina). Sebelum disodorkan ke saya, petugasnya yang berseragam warna coklat dengan bawahan berupa celana pendek warna coklat tua memberikan pengarahan bagaimana saya harus menggendong Abby. Saya harus berdiri di tempat yang sudah disediakan. Kemudian tangan kanan saya dengan posisi yang lebih rendah dari tangan kiri dengan telapak terbuka, persis seperti mau menggendong bayi usia 6 bulan. Oooh…ternyata ngga boleh sembarangan menggendong Koala ya, karena Koala ini akan otomatis mencengkeram tubuh kita pada saat dia menggelayut di tubuh. Maka supaya tidak sampai terluka akibat cengkeramannya, pantat Abby harus berada di telapak tangan kanan saya sehingga kedua kakinya tidak mencengkeram tubuh saya. Bulunya tebal, tidak kasar tapi juga tidak halus. Sebenarnya ingin peluk Abby lebih erat, karena binatang ini menggemaskan tapi takut nanti Abby berontak terus tiba-tiba mencakar wajah saya….waah, bisa repot urusannya 🙂

Koala1 Koala8 Koala6 New Koala

Selesai foto-foto, saya dan Isaboe langsung mencari tempat Kangguru. Berhubung waktunya tinggal sedikit maka saya tidak berminat lagi untuk melihat-lihat binatang lainnya. Takut keburu tutup nih…Currumbin Sanctuary ini rupanya berada persis di pinggir jalan “highway”, dan lokasi kangguru ada di seberangnya sehingga kami melewati terowongan yang persis dibawah jalan tersebut, alias nyeberang jalan :). Sampai di lokasi kami disambut petugas pria yang kira-kira usianya sudah hampir 60 tahun atau lebih. Karena pengunjung sudah tidak ada lagi kecuali hanya kami berdua, petugas tersebut langsung mengajak masuk ke dalam sekawanan kangguru. Wooowww…..kanggurunya besar-besar, seukuran manusia, bahkan bisa lebih tinggi lagi kalau mereka sedang berdiri. Saya langsung terbayang kangguru yang menggunakan sarung tangan boxing yang pernah saya lihat di film kartun….hihihihi. Lucu banget tingkah laku mereka. Kalau dilihat lebih lama mereka persis seperti manusia. Gaya mereka tiduran atau bersantai benar-benar seperti manusia yang lagi berjemur di pantai.  Kanggurunya jinak-jinak… saya bisa membelai mereka dan memberi makan langsung menyodorkan di mulut mereka. Saya sempat memotret anak kangguru yang mau masuk ke dalam kantong perut induknya. Lucu sekali melihat anak kangguru yang sibuk mengorek-ngorek perut induknya, padahal anak kangguru tersebut sudah besar, menurut saya….hehehe 🙂 (foto ada di bawah artikel ini)

Puas rasanya setelah melihat langsung binatang koala dan kangguru. Ngga sia-sia travelling saya ke Australia. Belum tahu kapan bisa datang lagi ke negara ini. Makanya sekali datang harus pergi ke tempat-tempat yang ngga bisa ditemui di Indonesia, salah satunya ya ini…koala yang lucu dan kangguru berbadan besar. Wow…amazing!

Terima kasih kepada Tante Ellen dan Isaboe yang sudah berbaik hati mengantar dan menemani saya ke tempat ini, Wildlife Currumbin Sanctuary, Gold Coast. Love you both! Mmmuuaahh….

Kangro7 Kangro8 Koala3 Kangro9Kangoroo

Related Links

 

5 thoughts on “Cute Koalas and Big Kangoroos @ Wildlife Currumbin Sanctuary, Gold Coast

    senangsenangyuks said:
    July 10, 2013 at 11:52 pm

    Hua enaknya, koalanya bisa di gendong, kmren watu ke Sydney, ke Taroonga Zoo, juga ambisi pertama liat Koala ama Kangoroo, sayangnya koalanya cuma beberapa dan cuma bisa liat dari jauh, kangoroonya bisa dideketin sih, cuma ternyta ketautan sendiri. heheheheh.
    Dan Angoroo yang itu nampak lebih lucu, apalgi yg tiduran terlentang, cute!!!!

    Tania Langitan responded:
    July 11, 2013 at 1:06 am

    hehehe….padahal kanggurunya jinak-jinak lhoo…awalnya juga saya pikir hanya bisa lihat dari jauh seperti di kebun binatang 🙂 wah, sayang ya ngga bisa pegang koalanya…mungkin next time kalo ke Aussie lagi jangan dilewatkan kesempatan pegang koala…Have a good day!

    […] Cute Koalas & Big Kangoroos […]

    Sidney Sightseeing in One Day | A SMART Traveller said:
    July 17, 2013 at 10:50 am

    […] Cute Koalas & Big Kangoroos […]

    Cycling Tour in Melbourne | A SMART Traveller said:
    July 17, 2013 at 11:01 am

    […] Cute Koalas & Big Kangoroos […]

Leave a Reply

