Sidney Sightseeing in One Day

Posted on Updated on

Di saat saya mendapat kesempatan mengikuti suami training di negeri Kangguru bulan Oktober 2012 lalu saya tidak menyia-nyiakan kesempatan langka ini. Saya berangkat lebih dulu dari suami karena ingin mengunjungi kota dimana Tante saya tinggal yaitu di Gold Coast dan menginap beberapa hari di sana.

Dari Gold Coast menuju kota Sidney saya naik pesawat JetStar, selanjutnya dari Sidney ke Melbourne saya naik KA malam (sleeper train) yang sudah saya booking melalui internet sewaktu di Jakarta. Nah, selama lebih kurang12 jam menunggu jadwal KA itulah saya pergunakan sebaik-baiknya untuk berjalan-jalan di kota Sidney.

Selesai urusan imigrasi dan pengambilan bagasi di Bandara Kingsford Smith Sydney, saya mencari stasiun KA yang berada di bandara. Untungnya tidak susah mencarinya, karena petunjuknya mudah terlihat sehingga saya hanya mengikuti signboard tersebut. Beli karcis di loket seharga AUD15 untuk sekali jalan dan turun di Central Station, karena di stasiun inilah saya akan berangkat menuju Melbourne menggunakan “sleeper train”. http://www.airportlink.com.au/index.php

Sesampainya di Central Station, saya mencoba mencari counter/kantor Countrylink. Maksudnya kalau sudah tahu persis tempatnya saya tidak usah repot mencari-cari lagi nantinya dan siapa tahu juga bisa early check-in supaya koper bisa langsung dititipkan. Dan setelah ketemu kantornya ternyata bisa langsung check in dan koperpun bisa langsung di drop. Dengan demikian saya bebas jalan-jalan tanpa harus repot membawa koper…:). Disini saya tautkan link mengenai jadwal KA antar kota di Australia. http://www.countrylink.info/timetables

Dari Central Station saya naik train ke Circular Quay. Ini adalah tempat yang sangat populer dan setiap turis pasti wajib ke tempat ini, karena dari tempat ini bisa akses menuju gedung Opera House dan dari tempat ini juga bisa melihat jembatan yang terkenal Harbour Bridge, seperti foto yang saya lampirkan dibawah ini.

Hari itu adalah hari Minggu dan udara sangat cerah sekali, sehingga di Circular Quay ini ramai pengunjung. Selain turis, penduduk lokalpun datang ke tempat ini yang kebanyakan datang bersama keluarganya untuk berekreasi. Apalagi matahari bersinar dengan terangnya sehingga banyak sekali bule-bule yang berjemur di taman “Botanical Garden” (tempat ini juga berdekatan dengan Botanical Garden). Sementara saya sendiri duduk-duduk dibawah pohon rindang sambil menikmati makan siang yang saya beli di dekat stasiun Circular Station. Puas berjalan-jalan sekitar Opera House dan berfoto-foto (sekali-sekali minta tolong pengunjung lain untuk mengambil foto saya….hehehe), saya pergi ke booth Sydney ‘s Tourist Bus Service. Tempatnya masih di sekitar Circular Quay.

Dengan membayar AUD40 (dewasa), saya dapat mengelilingi kota Sydney selama 90 menit dengan 34 kali perhentian menggunakan bus bertingkat atau “double decker bus”. Dengan bus ini penumpang dapat naik dan turun tanpa harus membayar lagi yang berlaku untuk 1 hari saja (24 jam), atau istilahnya “Hop On – Hop Off”. Beberapa tempat objek wisata yang disinggahi oleh bus ini adalah: Harbour Bridge, Opera House, Circular Quay, The Rocks, Darling Harbour, Kings Cross, Bondi Beach. Tiket bus ini juga bisa dibeli secara online di http://www.citysightseeing.com.au

Harbour Bridge, Sydney
Harbour Bridge, Sydney
Opera House Sydney
Opera House Sydney
Taken from Circulay Quay
Taken from Circulay Quay
View from Opera House
View from Opera House
Sydney City
Sydney City

Related Links

3 thoughts on “Sidney Sightseeing in One Day

    […] Sydney Sightseeing in One Day […]

    […] Sydney Sightseeing in One Day […]

    Cycling Tour in Melbourne | A SMART Traveller said:
    July 17, 2013 at 11:01 am

    […] Sydney Sightseeing in One Day […]

Leave a Reply

