Top 5 Things To Do Before Travelling

Posted on Updated on

Sebelum Anda melakukan Travelling, pastikan 5 hal dibawah ini sudah anda lakukan. Simak yuuk….

1. Paspor. Tanpa yang satu ini anda tak akan bisa keluar dari Indonesia dan masuk ke negara tujuan kemana anda pergi. Benda ini sama dengan KTP atau identitas kita selama berada di luar negeri. So… pastikan paspor anda disimpan baik-baik.

Tips: buatlah 2-3 lembar fotocopy paspor anda untuk pegangan anda selama berada di LN. Simpan paspor asli anda di locker hotel tempat anda menginap dan anda cukup bawa paspor fotocopy saja pada saat anda berjalan-jalan. Bawalah juga beberapa lembar pasfoto ukuran 3×4 dan 4×6

2. Uang. Yang satu ini tentunya juga tak kalah penting selama travelling bukan? Bawalah uang tunai secukupnya, tapi lebihkan 10% dari biaya travelling yang sudah anda anggarkan sebelumnya. Ini hanya untuk berjaga-jaga bila terjadi sesuatu diluar rencana kita. Tentunya anda sudah punya rencana travelling sebelum anda pergi, seperti: lamanya perjalanan, tempat penginapan, tempat wisata yang mau dikunjungi, dll.

Tips: Bawalah uang dalam mata uang US dollar karena mata uang ini diterima di negara manapun. Bahkan di Kamboja anda dapat berbelanja dengan US dollar tanpa harus menukar ke mata uang lokal. Sebaiknya tukar uang jangan di bandara karena kurs yang diberikan lebih rendah. Tukarlah uang secukupnya saja untuk ongkos transport dari bandara ke hotel. Simpan sebagian uang anda di locker bersama-sama dengan paspor anda. Tapi bila anda merasa kurang safe menyimpan di locker, simpanlah di money belt yang ada di tas pinggang atau tempat lain yang menurut anda aman. Intinya, jangan simpan uang semuanya di satu tempat.

Usahakan penggunaan kartu kredit atau pengambilan uang tunai melalui ATM hanya untuk keadaan terdesak. Karena biaya yang dikenakan dengan kartu kredit dan ATM sangat tinggi.

3. Visa dan Dokumen lainnya. Kunjungan ke negara-negara ASEAN tidak memerlukan Visa bagi warga negara Indonesia (http://wp.me/p3C8LF-29). Bila anda akan travelling ke negara yang memerlukan visa, dari jauh-jauh hari anda sudah harus mempersiapkan dan melengkapi dokumen yang diperlukan untuk pengajuan visa. Tiap negara mempunyai ketentuan dan peraturan yang berbeda. Ada negara yang proses Visanya kurang dari 1 minggu, dan ada juga yang lebih dari 2 minggu. Semuanya tergantung dari kelengkapan dokumen anda pada saat pengajuan visa.

Tips: Pastikan semua dokumen anda lengkap ya, sesuai dengan yang diminta oleh kantor Kedutaan. Paspor anda masih berlaku minimal 12 bulan dari tanggal berakhir (beberapa negara masih terima 6 bulan dari tanggal kadaluarsa). Simpan semua visa dan dokumen dalam sebuah folder khusus dan jangan anda masukkan ke dalam koper yang mungkin anda akan masukkan ke dalam bagasi pesawat. Sebaiknya dijadikan satu dengan tiket pesawat anda sehingga mudah dicari bila sewaktu-waktu diperlukan. Kadangkala imigrasi di negara tertentu (secara random) tiba-tiba mengajukan banyak pertanyaan yang mungkin anda harus menunjukkan bukti (dokumen) bahwa anda benar-benar sebagai turis di negara tersebut. Tetapi bila dokumen tersebut anda simpan di bagasi maka anda akan menemui kesulitan untuk menjelaskan kepada petugas imigrasi disana. Dan urusannya pun akan semakin panjang yang tentunya membuat anda repot sendiri….dan emosi 🙂

4. Pakaian. Anda tentunya tidak ingin salah kostum pada saat anda berada di negara yang anda kunjungi bukan? Sebelum berangkat, anda cek dulu cuaca di negara setempat apakah sedang musim panas, hujan atau musim dingin (winter) supaya anda bisa siapkan baju-baju yang akan anda bawa nantinya. Kalau untuk bepergian 5-7 hari di negara tropis cukup bawa 4 potong kaos dan 3 celana pendek/panjang. Jangan membawa baju berlebihan, saya yakin anda akan membeli 1 atau 2 t-shirt nantinya yang bisa anda pakai selama disana dan dibawa pulang untuk kenang-kenangan :). Jangan lupa bawa handuk kecil karena beberapa hostel tidak menyediakan handuk gratis. Anda bisa cek lebih dulu sebelumnya melalui internet fasilitas apa saja yang tersedia di hostel tsb.

Tips: Sesuaikan kostum baju dengan keadaan cuaca di negara setempat. Bawalah baju secukupnya. Jangan lupa bawa topi dan “sunglasses” untuk melindungi anda dari sinar matahari.

5. Akomodasi. Sebaiknya ini sudah anda survey dan pesan (booking) sebelum berangkat, sehingga anda tidak perlu bingung mencari-cari tempat penginapan. Pilih hotel yang berada di sekitar objek wisata dan yang mudah di akses dengan transportasi umum, seperti subway mrt atau bus.  Biar lebih hemat lagi, akses untuk kemana-kemana mudah dijangkau dengan berjalan kaki. Biasanya akomodasi yang aksesnya mudah agak sedikit lebih mahal. Tapi ini lebih efisien dibandingkan akomodasi murah tapi transportasinya sulit untuk kemana-mana.

Tips: Pilih kamar tidur yang dormitory. Ini akan jauh menghemat biaya travelling anda. Manfaat lainnya anda akan berkenalan dengan backpackers dari negara-negara lain yang akan menambah wawasan dalam hal sharing informasi dan pengalaman travelling. Beberapa situs penginapan murah dapat anda akses melalui http://www.hostelbookers.com, http://www.hostelworld.com, http://www.hotelscombine.com

Okey…semoga bermanfaat buat anda yang baru memulai travelling with backpacker’s style.

Happy Travelling!!

For more travel tips, just follow @SmarTravler

TL2-resize   TL-resize

Advertisements

7 thoughts on “Top 5 Things To Do Before Travelling

    tmukadis (@piermuks) said:
    June 10, 2013 at 6:21 am

    Mantap Tan ….plus jgn lupa Travel Insurance terutama buat medical/accident insurance, very cheap premi.. dan Obat2an pribadi..just in case

      Tania Langitan responded:
      June 10, 2013 at 6:30 am

      Thank you Una for reading my blog and your advice.. Well noted.

    Reza O said:
    June 10, 2013 at 6:03 pm

    Biar perjalanan tambah berkesan, jangan lupa bawa “smartphone”, selain bisa digunakan untuk berkomunikasi dan browsing kita juga bisa memanfaatkan GPSnya dan tentu camera (still n video)-nya….sekedar membuat dokumentasi perjalanan dan teuteup eksis!!!!

    Untuk traveling kewilayah yang rawan, jangan lupa rajin memberitahukan setiap perpindahan posisi kita kekeluarga atau orang terdekat. Dengan cara ini, apabila ‘sesuatu’ terjadi pada kita, akan membantu pelacakkan….

      Tania Langitan responded:
      June 10, 2013 at 10:57 pm

      Reza, thanks much utk inputnya. Bener banget tuh…nanti aku lanjut ke edisi berikutnya. Cheers….

    Dini Djatti said:
    June 11, 2013 at 10:23 am

    Keren Tan…..ajak2 aku donk…

      Tania Langitan responded:
      June 11, 2013 at 2:25 pm

      Hi Din…thanks ya sudah visit blog aku. Boleh dong di kasih “like” nya…:)

    […] Top 5 Things To Do Before Travelling […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s