Walking Tour in Fitzroy Garden – Melbourne

Posted on Updated on

 

Cara hemat untuk berwisata salah satunya adalah jalan-jalan dengan berjalan kaki tentunya…..hehehe. Ini saya lakukan sewaktu trip ke Australia akhir September tahun 2012. Tau sendiri kan, tiket pesawat pulang perginya saja sudah cukup mahal, belum lagi untuk penginapan dan makan selama 10 hari. Maka untuk menyiasati agar tetap bisa menikmati tempat-tempat wisatanya saya memilih berjalan kaki untuk beberapa tempat. Lagi pula udara di sana pada waktu itu masih berangin dan kadang kala di sore hari udaranya sangat dingin buat saya. Suhu udara rata-rata berkisar 15 – 18C.

Pagi hari itu cuacanya cerah dan udaranya sejuk banget seperti di Puncak. Rasanya tepat sekali kalau saya memilih berjalan kaki ke taman ini, kebetulan taman ini dekat dengan tempat penginapan saya. Cuaca di Australian, khususnya Melbourne sedang memasuki masa transisi dari musim dingin ke musim panas. Suhu udara masih sering terasa dingin terutama di sore hari menjelang malam.

Fitzroy Garden sekilas tampak biasa saja dan tidak terlalu besar-besar amat. Tetapi ketika saya masuk dan berjalan di dalamnya ternyata cukup luas. Taman ini ada sejarahnya juga rupanya. Dibangun sekitar tahun 1850an dan diberi nama setelah Sir Charles Augustus Fitzroy menjabat sebagai Gubernur New South Wales dan Gubernur Jenderal Koloni Australia.  Saat ini, tercatat sudah lebih dari 2 juta orang datang mengunjungi taman ini. Wow…fantastis ya! Nah.. di dalam taman ini ada bangunan namanya Cottage Cook (Captain James Cook). Cottage asli ini berasal dari Great Ayton, Yorkshire yang dikirim ke Australia dan ditempatkan di taman Fitzroy tahun 1934 sebagai hadiah peradaban Victoria.

Rumahnya imut, model rumah pedesaan di Inggris pertengahan abad 17….semua perabotan rumah, alat dapur, tempat tidur, dan baju-baju yang dipakai oleh James Cook dan istrinya masih tampak bagus dan awet dengan penataan yang rapi (lihat foto).

Oh ya, sebelum masuk ke Cook’s Cottage, ada sebuah Conservatorium yang dibangun tahun 1930 dimana di dalamnya terdapat bunga-bunga yang sedang mekar. Indah sekali…foto-foto sudah pasti tidak ketinggalan 🙂

Tidak jauh dari Cook’s Cottage bisa dijumpai satu pohon yang tinggi dan besar. Namanya “A Great Australian Tree”. Pohon ini untuk mengingatkan bahwa suku Aborigin dulunya pernah tinggal disini.

Puas berjalan-jalan dan foto-foto… tidak terasa sudah lebih 2 jam berada di dalam taman Fitzroy yang indah dan sejuk. Saya melanjutkan jalan kaki mengunjungi gereja katedral St Patricks yang akan saya ceritakan di episode berikutnya. See ya….

OZ1    OZ3   OZ7

OZ4   OZ5    OZ6

OZ8          OZ10  OZ8

Related Links

Advertisements

3 thoughts on “Walking Tour in Fitzroy Garden – Melbourne

    Sidney Sightseeing in One Day | A SMART Traveller said:
    July 17, 2013 at 10:50 am

    […] Walking Tour in Beautiful Fitzroy Garden […]

    […] Walking Tour in Fitzroy Garden […]

    Cycling Tour in Melbourne | A SMART Traveller said:
    July 17, 2013 at 11:01 am

    […] Walking Tour in Fitzroy Garden […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s