Perjalanan Sehari Dengan Bus, Dari Siem Reap ke Bangkok

Posted on Updated on

Cara berhemat dalam melakukan perjalanan ala backpacker adalah menggunakan moda transportasi dengan jalan darat, yaitu bus umum (lebih hemat lagi kalau jalan kaki…hehehe). Oleh karena perjalanan ini adalah antar kota, yaitu dari kota Siem Reap ke Bangkok maka saya menggunakan transportasi ini. Melalui informasi dari mbah Google…., perjalanan dari Siem Reap ke Bangkok lebih kurang memakan waktu 7 – 8 jam. Sehari sebelumnya saya memesan bus melalui tour hotel tempat saya menginap. Tarif bus ke Bangkok USD13 dan saya memilih jadwal berangkat pagi hari jam 8. Pihak hotel mengatakan bahwa saya akan dijemput di hotel sekitar jam 7 – 7.30 dan saya sudah stand by di lobi sebelum jam 7.

Jam 7.30, sebuah minivan datang menjemput saya di hotel lalu singgah di 3 hotel berikutnya menjemput penumpang lainnya. Semuanya bule, hanya saya sendiri orang Asia. Sieam Reap tidak punya terminal bus khusus karena memang tidak ada bus umum dalam kota. Penduduk disana banyak menggunakan motor, sepeda atau tuktuk. Kami diturunkan di jalan yang ada trotoarnya, yang kata supirnya bahwa bus biasanya memang selalu berangkat dari tempat ini. Ok, kami semua percaya dan menurut apa kata supir minivan tersebut. Setengah jam berlalu dan bus belum muncul juga, sementara ada 2 minivan lainnya menurunkan penumpang di tempat saya menunggu. Kira-kira setelah 1 jam menunggu datanglah sebuah bus besar yang sudah terisi. Kami semua bingung, kalau bus sudah terisi lalu kami mau duduk dimana? Belum lagi koper dan barang mau taruh dimana? Kenek bus menyuruh sebagian naik ke dalam bus dan mengatakan akan ada bus lain yang akan mengangkut sebagiannya lagi. Saya memutuskan untuk menunggu bus berikutnya. Tidak lama bus yang dimaksud datang….dan bus tersebut besarnya seukuran bus metro. Oh my god!! Dan sudah terisi pula….ampuuun! Saya cepat-cepat naik sambil mengangkat ransel saya. Ngga bener nih…! Beda jauh dengan bus yang saya tumpangi dari Ho Chi Minh ke Phnom Penh, padahal tarif bus sama. Tapi apa boleh buat, ngga ada pilihan lebih baik naik saja… :(

Karena tempat duduk sudah terisi semua, maka ransel, koperpun diletakkan di tengah koridor bus.  sehingga penumpang yang duduk dibelakang bila ingin turun harus dengan susah payah melewati koridor tsb. Mau ngga mau tas kamera harus saya pangku :)

IMG_3733_crop resize IMG_3738_crop resize

 

IMG_3732_crop resize IMG_3739_resize

Perjalanan benar-benar tidak nyaman. Tempat duduk saya seperti orang setengah berbaring dan tidak bisa disetel. Duduk salah, mau dibawa tidurpun tidak enak. Sebelum sampai diperbatasan bus sempat berhenti 1 kali untuk yang mau beli minum atau snack dan yang mau ke toilet.

Dari Siem Reap sampai ke perbatasan Poipet memakan waktu sekitar 2,5 jam. Semua penumpang diminta turun bersama barang-barang menuju imigrasi Kamboja untuk cap paspor. Kantor imigrasinya mirip rumah makan pinggir jalan alias warteg. Sementara turis pada hari itu cukup banyak sampai mengantri ke jalan. Dan cuaca saat itu lumayan panas.

Border2 Border3 Border4

Selesai di kantor imigrasi Kamboja, kami diarahkan melewati perbatasan dengan berjalan kaki lebih kurang 100 meter. Mengisi formulir untuk yang bukan warga negara Thailand dan kembali mengantri di kantor imigrasi Thailand. Nah….disinilah proses menunggu antrian yang sangat lama. Berdiri hampir 3 jam lamanya mengantri di kantor imigrasi ini. Edan…!!! Padahal dari informasi yang saya dapat melalui internet, proses cap paspor di kantor imigrasi ini tidak membutuhkan waktu lama seperti yang saya alami ini. Saya tidak tahu alasan atau penyebabnya sampai demikian lama. Hmmm….memang saya aja yang kebagian apes saat itu… :)

Setelah selesai, saya naik kendaraan seperti pick up bersama-sama dengan yang lainnya sekitar 5 menit ke Aranyaphrathet, tempat dimana banyak minivan sedang menunggu.

Border1 Border6
Minivan yang saya tumpangi diisi 12 penumpang plus koper dan ransel. Bisa kebayang ya bagaimana sesaknya di dalam minivan tersebut….hihihi. Sempat berhenti sekali di tempat pengisian bensin untuk meregangkan otot sekalian yang mau ke toilet atau beli minuman dan snack.

Sekitar jam 7.30 malam akhirnya minivan sampai di Bangkok dengan selamat dan berhenti di kawasan Khaosan road. Dan saya berjalan kaki ke tempat penginapan sekitar 10 menit di Roof View Palace, Soi Samsen 6. Lega rasanya….itulah pengalaman saya sehari dalam perjalanan Siem Reap ke Bangkok dengan menggunakan bus. Seru aja rasanya dan ngga bikin kapok untuk travelling berikutnya :)

Ciao….!

7 thoughts on “Perjalanan Sehari Dengan Bus, Dari Siem Reap ke Bangkok

    […] Perjalanan Sehari Dengan Bus, Dari Siem Reap ke Bangkok. […]

    Rida said:
    November 21, 2014 at 4:34 am

    Duuh mba uda browsing2 ,msh lieur deh rencn solo traveling 3-7feb bkk -SR pp. dr SR ke bkk d blog mba d jempt d hotel jam 7 pg tiba d bkk jam 7.30 mlm jiippeerrr bgtt deh akoh! secara tiket bkk -jkt jam 7 mlm…hikz gmn yaaa please

      Tania Langitan responded:
      November 21, 2014 at 8:22 am

      Kalo boleh tau kmu flightnya dr jkt pulang pergi ke kota apa? Dan rencana program kmu bgmn? Dari situ mgkn bisa saya bantu bikin planningnya

    windy said:
    January 13, 2015 at 10:54 pm

    Bus direct atau minivan utk ke siem reap dari bkk ad yg siang sktr jm12 gk?

      Tania Langitan responded:
      January 15, 2015 at 6:11 pm

      Dear Windy, kalau untuk jam / jadwalnya saya kurang tau persis.
      Tapi ada banyak sekali bus-bus untuk rute ke Siem Reap. Kamu bisa tanya ke pihak hotel tempat kamu menginap. Atau di daerah Khaosan Rd itu banyak sekali travel agent. Tapi hati2 ya… suka banyak scam juga. Mending tanya ke hotel saja.

    Khira said:
    March 12, 2015 at 8:23 am

    Hallo Kak :D

    Biaya bus dari Siem Reap ke Bangkok cuma 13 dollar kak? Kalo boleh tau, kaka nginep di hostel mana dan apakah beli tiket busnya itu di hostel tempat kaka menginap? Karena yang saya baca harga tiket busnya itu sekitar 27 dollar. huhu beda jauh sama tiket kaka yang cuma 13 dollar. Thanks Kak :D

      Tania Langitan responded:
      March 12, 2015 at 9:36 am

      Halo Khira, itu harga thn 2013. Mungkin sekarang sudah naik harganya. Saya belinya di hotel tempat saya nginap. Namanya Sieam Reap Bat Hotel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s