Angkor Wat, The Magnificent Temple

Posted on Updated on

Salah satu destinasi utama saya ketika trip ke Kamboja di bulan Februari 2013 yang lalu adalah mengunjungi Wat Angkor, yang dibangun oleh Raja Suriyavarman II pada abad ke 12. Saya menyediakan waktu untuk tinggal di Siem Reap selama 4 hari 3 malam, maksudnya biar puas bisa menjelajahi Wat Angkor. Dan sengaja pula mencari hotel yang dekat dengan Wat Angkor supaya mudah aksesnya kalau mau bolak balik masuk Wat Angkor. Begitulah….pagi-pagi saya minta pihak hotel mencarikan tuktuk untuk saya sewa selama 1 harian. Beruntung saya mendapatkan supir tuktuk yang mengerti bahasa Inggris dan bisa sedikit berbicara Inggris. Orangnya juga ramah dan baik banget. Namanya Ratna. Dia juga yang memberikan rekomendasi kepada saya tempat-tempat yang perlu dijelajahi. Sempat juga pikiran negative muncul saat dia memberi penjelasan alasannya. Sekitar jam 8 saya sudah sampai di dalam area Wat Angkor. Woww….baru mau masuk saja sudah terlihat antrian yang panjang oleh bus-bus wisata. Untungnya saya pakai tuktuk sehingga dengan mudah melesat sampai di depan….hahaha. Supir tuktuk bilang saya harus turun dan antri, nanti dia tunggu di dalam. Di atas pintu loket ada pilihan jalur untuk yang mau membeli tiket untuk 1 hari, 3 hari atau 7 hari dengan harga yang berbeda-beda tentunya. Saya memilih karcis untuk yang 3 hari dengan harga USD40. Lumayan mahal euy….hampir Rp. 400.000 kalau di kurs ke IDR. Sebelumnya saya difoto dulu untuk dimasukkan di dalam tiketnya, jadi mirip e-ktp. Tempat-tempat yang saya jelajahi selama 1 hari di sana adalah:

  1. Angkor Wat – setiap pengunjung hampir dipastikan akan datang ke tempat ini lebih dulu. Karena disinilah pusat sekaligus ibukota dari kerajaan Suriyavarman II. Tempat ini juga tempat favorit untuk menikmati sunrise. Dan saya juga sempat mengambil foto sunrise pada hari kedua (besoknya).
  2. Ta Phrom – tempat pengambilan casting Angelina Jolie untuk film “Tomb Rider”
  3. Preah Khan
  4. Banteay Srei – menjadi spot untuk mengambil foto sunset
  5. Bayon
  6. Angkor Thom
  7. Phnom Bakeng – juga sebagai spot untuk foto sunset

Informasi yang mungkin berguna bila anda ingin jalan-jalan ke Angkor Wat:

  • Bila anda naik tuktuk seperti saya atau motor atau sepeda, jangan lupa bawa masker ya… karena  daerah Angkor Wat sangat berdebu, terutama pada musim panas/kemarau.
  • Sewa tuktuk untuk 1 hari penuh berkisar antara 12 -15 US dollar (bisa ditawar). Tuktuk bisa dimuati 4-6 penumpang. Anda bisa sharing dengan teman-teman anda kalau perginya group agar biayanya lebih murah.
  • Naik sepeda mengelilingi kompleks Angkor Wat memungkinkan saja, asalkan stamina anda cukup fit karena kompleks tersebut sangat luas. Lebih cocok untuk mereka yang hobi olahraga sepeda. Biaya sewa sepeda sekitar 1 – 2 USD
  • Bawa minuman dan makanan kecil. Tuktuk yang saya sewa menyediakan minuman dingin gratis.
  • Harga karcis masuk ke Angkor Wat:

USD20 untuk 1 hari

USD40 untuk 3 hari

USD60 untuk 7 hari, bisa digunakan selama 30 hari

photo (7)_resize  photo (8)  Peta Angkor Wat

photo (9)  IMG_3461_resize  Shadow

Supir Tuktuj

3 thoughts on “Angkor Wat, The Magnificent Temple

    […] Angkor Wat, The Magnificent Temple […]

    budiarto said:
    November 8, 2013 at 7:39 am

    mba tania bisa minta contact person pak ratna supir tuktuk tersebut?
    terima kasih
    budi

Leave a Reply

